Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Wanita Jebol Pintu Gerbang PT Panarub

Kompas.com - 18/10/2012, 13:26 WIB
Luthfie Febrianto

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Demo buruh PT Panarub di Tangerang, Banten, yang awalnya berjalan damai berujung ricuh. Sempat diwarnai aksi lempar batu, pintu perusahaan yang dijaga sekuriti pun dijebol massa.

Massa buruh yang berhasil masuk sempat merusak kaca pos sekuriti perusahaan dan menduduki pelataran perusahaan. Massa yang sebagian besar wanita akhirnya bisa ditenangkan oleh pihak kepolisian yang mengerahkan sebagian besar polisi wanita.

"Apa yang dilakukan kami sekarang akibat perusahaan tidak mengindahkan tuntutan kami akan hak-hak kami yang sejak Juli tidak diberikan oleh pihak perusahaan," ujar Kokom, Koordinator aksi dari Serikat Buruh Garmen Tekstil dan Sepatu (SPGTS).

Seorang buruh wanita sempat mengalami luka di bagian kaki akibat bentrok dengan sekuriti perusahaan.

Aksi itu dilakukan sekitar 1.300 buruh PT Panarub, dengan mendapat dukungan mahasiswa. Mereka menutut pembayaran upah serta pekerjaan mereka kembali setelah diberhentikan secara sepihak oleh perusahaan.

Hingga pukul 13.00 WIB, para buruh masih menduduki pelataran pabrik PT Panarub Dwi Karya Tangerang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com