Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prijanto: Kepemimpinan Jokowi Mirip Militer

Kompas.com - 18/10/2012, 15:01 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gaya kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dinilai mirip dengan gaya memimpin di militer. Sebagai pimpinan, Jokowi lebih banyak keluar meninjau langsung permasalahan dan segala sesuatunya. Sementara wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, lebih mengurus hal-hal internal, seperti kepegawaian dan birokrasi.

"Dari perspektif kepemimpinan militer ini hampir ada kemiripannya. Kalau di militer wakil itu ibu rumah tangga, dia ada di dalam. Komandan atau panglima itu keluar untuk mempelajari segala sesuatunya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Prijanto saat dijumpai di Balaikota Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Gaya Jokowi memimpin dinilainya semakin mirip dengan gaya memimpin di kemiliteran dari caranya memberikan petunjuk kepada wakil dan stafnya. Semua pembahasan dilakukan setelah Jokowi selesai meninjau dan memetakan permasalahan yang terjadi.

"Setelah tahu masalahnya, Jokowi mengumpulkan stafnya, memberikan petunjuk pada SKPD terkait. Otomatis staf berpikir, menyarankan atau beri alternatif, nanti tetap Jokowi yang putuskan. Itu bagus. Jadi, dalam perspektif militer, Jokowi dan Basuki sudah ideal. Itulah prosedur hubungan komandan dan staf di militer," ungkapnya.

Mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KSAD) ini menambahkan, kunci sukses Jokowi memecahkan permasalahan Jakarta adalah dengan menilik langsung wilayah yang menjadi kantong-kantong masalah seperti yang ia lakukan selama beberapa hari ini.

"Dengar keluhan dan harapan masyarakat langsung di lapangan. Setelah tahu lika-likunya, proses pemecahan masalah akan diketahui," tandasnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com