Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Lanjutkan MRT

Kompas.com - 18/10/2012, 22:11 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi menegaskan dirinya tidak memiliki niat untuk menghentikan mega proyek transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT). Jokowi berjanji akan tetap melanjutkan proyek tersebut. Namun, Jokowi meminta dipresentasikan ulang mengenai proyek MRT agar dirinya bisa memahami seluruh detail proyek itu.

"Saya ini kan baru, jadi saya tidak ingin tahu-tahu meneruskan proyek itu tanpa tahu seperti apa modelnya, biayanya, harga tiketnya nanti, dan sebagainya. Makanya saya ingin dipresentasikan lagi," kata Jokowi saat ditemui di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis, (18/10/2012).

Jokowi kembali mengatakan bahwa masyarakat Jakarta memerlukan MRT. "Pokoknya semuanya dilanjutkan. Enggak monorail, enggak MRT, semuanya dilanjutkan. Hanya saya sampai detik ini belum dipresentasikan mengenai biaya. Costnya berapa, habisnya berapa, tiketnya nanti berapa yang pnting itu. Kota ini butuh monorel butuh MRT," kata kader PDI Perjuangan itu.

Seperti diberitakan, bila jadwal pembangunan MRT terganggu akibat evaluasi nantinya, maka pemerintah akan menanggung denda yang harus dibayarkan ke Japan International Coorporation Agency (JICA) sebesar Rp 800 juta per hari. Ketika disinggung hal itu, Jokowi mengaku tidak mengerti. "Enggak tahu, soal denda ini enggak tahu. Ya, karena kan memang belum dipresentasikan," kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi meminta presentasi MRT dilaksanakan secepatnya agar ia bisa bertindak cepat. "Presentasinya ya secepatnya. Saya sudah minta untuk diagendakan segera. Jadi tinggal ketemu, presentasi, biar segera cepat saya putuskan. Ini bukan kajian, ini presentasi biar saya mengerti kalkulasinya," pungkas mantan Walikota Surakarta itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com