Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Banyak yang Enggak Tahu Saya

Kompas.com - 18/10/2012, 23:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga hari ketiga pascadilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi masih belum mengenakan seragam dinasnya. Pada hari pertama, Jokowi menggunakan setelan kemeja polos berwarna putih. Pada hari kedua, dia mengenakan baju batik lengan panjang karena mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia ke-27 di JIExpo, Kemayoran.

Pada hari ketiga, Kamis (18/10/2012), Jokowi kembali bekerja menggunakan setelan kemeja polos berwarna putih. Ketika ditanyakan mengenai hal itu, Jokowi berseloroh bahwa seragam dinasnya belum kering. "Sekarang hujan terus, enggak kering-kering," kata Jokowi sambil tertawa di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis.

Jokowi mengaku senang menggunakan kemeja putih karena nyaman untuk dipakai saat turun ke lapangan. Dia bebas bergerak, terutama ketika hendak berlari. Namun, pilihan baju itu ada dampaknya. Banyak warga yang tidak mengenalnya sebagai Gubernur DKI Jakarta, apalagi Jokowi bepergian tanpa banyak pengawalan protokol.

"Banyak yang enggak tahu (saya Gubernur). Haa.. haa.. haaa," kata mantan Wali Kota Surakarta itu.

Meski demikian, Jokowi bakal lebih sering mengenakan kemeja biasa agar tidak ada jarak antara dirinya dengan masyarakat. Mengapa? "Kalau saya pakai seragam seperti itu, pangkat gede-gede seperti itu, kemudian saya mendekat kepada rakyat, mereka akan menjaga jarak dengan saya. Padahal, saya enggak mau seperti itu. Kalau pakaian saya sama seperti rakyat, sama seperti warga, lebih dekat gitu loh. Itu saja. Kalau enggak boleh, besok saya pakai seragam, tapi kalau sudah kering yah," kata Jokowi sambil kembali tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com