Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto Wafat

Kompas.com - 19/10/2012, 23:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto meninggal dunia pada usia 90 tahun di Rumah Sakit MMC Jakarta, Jumat (19/10/2012) malam.

Petugas medis yang bertugas di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit MMC, Ully, membenarkan bahwa Wiyogo meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Jakarta.

"Kalau soal penyakitnya saya belum tahu karena yang menangani dokter yang piket sore. Jenazah almarhum masih berada di kamar jenazah," katanya ketika dihubungi melalui telepon sekitar pukul 22.00.

Petugas tersebut menambahkan, dia tidak berhak memberikan penjelasan.

Wiyogo Atmodarminto menduduki jabatan Gubernur DKI Jakarta pada 1987-1992. Pada periode kepemimpinannya, Wiyogo menetapkan konsep Jakarta Kota BMW, yakni bersih, manusiawi, dan ber-wibawa.

Pria kelahiran Yogyakarta pada 22 November ini sebelumnya menduduki jabatan sebagai Komandan Kostrad pada 1978-1980. Ia kemudian menduduki jabatan Panglima Kowilhan II pada 1981-1993. Pangkat militer tertinggi yang dicapainya yakni Letnan Jenderal TNI.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, almarhum sempat menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang.

Sebagai gubernur, Wiyogo dikenal sebagai figur yang tegas dan disiplin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com