Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perawatan Novie Ditanggung Sendiri

Kompas.com - 19/10/2012, 23:14 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Novi Amalia (25), pengemudi berbikini yang menabrak tujuh orang pengguna jalan di Jakarta Barat, masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Karena masih berstatus terperiksa, biaya perawatan Novie selama di RSKO ditanggung oleh keluarga.

"Melihat pasien bukan vonis. Karena kalau vonis, dibiayai negara. Kalau hanya berstatus penahanan, dibiayai oleh keluarga," ujar Direktur Utama RSKO Laurentius Panggabean kepada Kompas.com, Jumat (19/10/2012) siang.

Novie dirawat di rumah sakit yang menampung 200 pasien. Ia berada di sebuah ruangan berukuran 6x4 meter persegi bersama satu pasien lainnya. Di dalam ruangan itu, terdapat berbagai fasilitas, mulai dari kamar mandi hingga lemari es untuk memudahkan pasien mendapat kebutuhannya masing-masing.

Hingga hari kedua dirawat di rumah sakit itu, keluarga Novie yang berasal dari Medan telah datang ke Jakarta. Orang tua perempuan yang menjadi model salah satu majalah pria dewasa tersebut diketahui telah bertemu dengan Novie pada Rabu malam. Meski demikian, pertemuan antara keduanya tak berlangsung lama karena Novie harus melanjutkan pemeriksaannya.

Menurut Laurentius, dalam perawatan di RSKO, pihaknya wajib melindungi aktivitas pasien dari ekspos publik. Hal tersebut sesuai dengan kode etik legal medik yang berlaku pada dunia medis. Oleh sebab itu, Novi dipastikan akan menghilang dari publik hingga proses perawatan gangguan jiwa dan ketergantungan obatnya telah selesai.

"Mungkin nanti jika sudah berapa bulan, sudah mulai pulih, dan mau tampil di konferensi pers, kita enggak masalah," ujarnya.

Novie Amalia adalah pengemudi Honda Jazz merah setengah telanjang yang mengemudi secara ugal-ugalan, Kamis (11/10/2012). Wanita yang tinggal di Jakarta seorang diri itu menabrak tujuh pengguna jalan di sepanjang Jalan Ketapang sampai Olimo, Jakarta Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com