Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Mulai Garuk-garuk Kepala

Kompas.com - 22/10/2012, 20:48 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Baru sepekan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo sudah kewalahan menjawab pertanyaan yang datang bertubi-tubi. Jika sudah diberondong pertanyaan, Jokowi bisa garuk-garuk kepalanya.

Tentu saja itu bukan karena kepalanya gatal. Jokowi garuk-garuk kepala karena bingung harus menjawab pertanyaan yang mana lebih dulu.

"Satu-satulah tanyanya. Pikiran saya tuh cuma satu begini, pusing pikiran saya. Yang satu nanya Kampung Pulo, lainnya tanya MRT, lainnya lagi tanya Bandung, dan lainnya. Coba kalau saya yang tanya begitu, kamu pusing enggak? Enak yang tanya, pusing yang jawab, ha-ha-ha...," kata Jokowi sambil tertawa di Balaikota DKI, Senin (22/10/2012) petang.

Ditegaskan Jokowi, ia sedang mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait semua program pembangunan yang sedang dan telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Karena itu, ia belum mau banyak berbicara terhadap program-program pembangunan di Jakarta. Jadi, menurutnya, gagasan-gagasan itu tidak perlu untuk ditulis dan diberitakan.

"Baru gagasan aja sudah ditulis, nanti malah keliru lagi. Ribut lagi, ha-ha-ha...," kata Jokowi.

Sementara itu, sebelum wartawan mengajukan pertanyaan, dikatakan olehnya, Jokowi harus menguasai persoalan dan wilayahnya dahulu.

"Penguasaan lapangan itu perlu. Penguasaan medan itu perlu. Belanja masalah itu perlu, belanja problem itu perlu sebanyak-banyaknya. Biar nanti kamu tanya juga saya gampang jawabnya," kata Jokowi.

Saat dihadang wartawan di Balaikota pada Senin sore ini, awalnya Jokowi juga enggan diwawancarai. "Tadi pagi sudah. Berarti sore tidak lagi ya," seloroh Jokowi. Namun, tetap saja dia melayani pertanyaan wartawan.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com