Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi ini, Pertama Kali Kantor Jokowi Didemo Buruh

Kompas.com - 24/10/2012, 10:43 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk pertama kalinya sejak menjadi Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Joko Widodo atau Jokowi didemo ribuan buruh DKI. Mereka yang tergabung dalam Forum Buruh DKI menggelar aksi damai menuntut perbaikan upah murah bagi buruh di Jakarta.

Saat ini upah buruh di DKI rata-rata sekitar Rp 1 juta, padahal biaya hidup sehari-hari sudah cukup tinggi. "Kami akan menuntut kenaikan upah minimum dan menolak upah murah yang diterapkan di DKI Jakarta," tutur Koordinator Forum Buruh DKI Winarso, Rabu (24/10/2012), saat dihubungi Kompas di Jakarta.

Menurut Winarso, aksi damai ini akan dihadiri sekitar lima ribuan buruh di Jabodetabek. Aksi ini, tambah Winarso, juga merupakan tindak lanjut aksi mogok nasional yang pernah digelar buruh secara serentak tanggal 3 Oktober 2012 yang dikoordinasi Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). Salah satu tuntutannya adalah upah layak, selain juga penghapusan tenaga kerja alih daya (outsourcing).

Forum Buruh DKI tercatat juga sebagai salah satu elemen ditingkat daerah dari MPBI khususnya di DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com