Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disambut Positif, Rencana Jokowi Bangun Stadion di Jakut

Kompas.com - 24/10/2012, 16:44 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana membangun stadion bagi klub sepak bola Persija. Menurut rencana, daerah yang dipilih adalah Taman BMW di Sunter, Jakarta Utara (Jakut).

Menanggapi itu, Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono menilai, kebijakan pembangunan tersebut memiliki dampak positif bagi Jakarta Utara.

"Saya sangat setuju dengan rencana itu. Di Jakarta Utara saat ini sudah ada Ancol yang merupakan destinasi wisata. Ditambah rencana tersebut, bisa menambah nilai di mata masyarakat, khususnya di Jakarta Utara," kata Bambang saat dihubungi, Rabu (24/10/2012).

Menurut Bambang, memang Taman BMW yang ada di Sunter rencananya akan diproyeksikan untuk pembangunan lapangan sepak bola. Meski demikian, pihaknya saat ini mengaku masih berupaya dalam hal pembebasan lahan di area lokasi.

"Kemarin-kemarin itu memang masih mandek kerena memang ada masalah mengenai pembebasan lahan. Tapi sedang kita upayakan," ujar Bambang.

Ia menyebutkan, kebijakan pembangunan stadion tetap merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia mengatakan siap membantu mengimplementasikan kebijakan Gubernur apabila rencana tersebut mulai dilaksanakan.

Di samping itu, sambungnya, rencana pembangunan stadion memiliki dampak positif tersendiri bagi wilayah Jakarta Utara. Dengan demikian, pihaknya berharap, bila rencana tersebut terlaksana, kesan Jakarta Utara yang mucul tidak "melulu" sebagai wilayah kumuh, rawan, dan banyak "wilayah abu-abu".

Sebelumnya, Jokowi menyatakan rencana membangun stadion bagi Persija. Untuk merealiasikannya, orang nomor satu DKI Jakarta saat ini itu menyatakan tetap membutuhkan persiapan.

Menurut Jokowi, saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menggodok pembiayaan pengadaan stadion. Sebab, semuanya memang perlu dikaji terlebih dulu sebelum dieksekusi. Anggaran yang dikenakan dalam membiayai pengadaan stadion tersebut, seperti dikatakan oleh Jokowi, masih perlu untuk dikaji kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com