Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyembelihan Sapi Jumbo dari SBY Jadi Tontonan

Kompas.com - 26/10/2012, 20:30 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyembelihan hewan kurban di Rumah Potong Hewan Masjid Istiqlal, Jumat (26/10/2012) menjadi tontonan menarik bagi warga. Proses penyembelihan hewan kurban ini memikat perhatian warga yang sedang berwisata rohani ke Masjid Istiqlal, Jumat sore.

Warga yang tertarik menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban itu bukan hanya warga pribumi, melainkan juga warga negara asing. Mereka beberapa kali mengabadikan proses penyembelihan hewan kurban tersebut. Beberapa orang bahkan kaget melihat beberapa ekor sapi yang tingginya mencapai 2 meter, misalnya hewan kurban dari Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Baru lihat sapi segede ini. Tadi dengar kabar dari teman, katanya sapi SBY gede banget, makanya habis main ke Monas saya mampir ke sini," kata Ahmad yang datang bersama anak dan istrinya.

Selain penasaran dengan ukuran sapi yang cukup besar, Udin, pengunjung lainnya, mengaku penasaran ingin mengetahui proses penyembelihan sapi berbobot satu ton tersebut. "Wah itu kan gede, sudah gitu sapi jantan lagi. Gimana cara nyembelihnya?" kata Udin.

Sekretaris Badan Pengelola Masjid Istiqlal Subandi mengatakan telah menerima 83 hewan kurban, termasuk dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono. "Rinciannya, 47 ekor sapi dan 36 ekor kambing," ujar Subandi kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat.

Hewan-hewan kurban tersebut akan disembelih sore ini dan dagingnya akan dibagikan pada Sabtu (27/10/2012) pagi. Subandi menambahkan, tidak ada perubahan metode pembagian daging kurban. Mekanisme pembagian daging kurban akan dilakukan seperti biasanya dengan membagikan kupon dulu. Panitia telah menyiapkan 5.000 kupon yang siap dibagikan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan.

"Setelah shalat ashar, kupon akan kita siapkan 5.000, walaupun hal ini sebenarnya sangat tergantung daging yang kita terima," ujarnya.

Mengenai prosedur pembagian daging kurban agar berlangsung tertib, penerima daging kurban akan diminta mencelupkan jarinya di tinta, seperti saat pemilu. Pembagian kurban akan dilakukan di halaman belakang Masjid Istiqlal. Di sana telah disediakan dua tenda dengan 500 kursi di setiap tenda. Satu tenda untuk pria dan satu tenda untuk wanita. Jadi, penerima daging kurban yang telah memperoleh kupon menunggu di tenda tersebut.

Setelah mendapatkan kupon, peserta akan berjalan sejauh 20 meter untuk mengambil daging kurban. "Jadi, tidak ada orang yang bergerombol dan berdiri untuk mendapatkan kupon," kata Subandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com