Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Terima Piagam MURI

Kompas.com - 28/10/2012, 10:08 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menerima piagam dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu (28/10/2012), di tugu Monas, Jakarta. Penghargaan yang diberikan oleh MURI berkaitan dengan penyelenggaraan Kirab Budaya Rakyat Jakarta yang menghadirkan puluhan ribu peserta dengan berbusana daerah.

Deputi Manager MURI, Damian Awan Rahargo yang mewakili Jaya Suprana memberikan piagam itu kepada Jokowi menjelaskan, Jakarta tercatat sebagai pemegang rekor internasional atas inisiasinya menggelar Kirab Budaya Rakyat Jakarta. Dalam kegiatan itu, hadir tidak kurang dari 10.020 peserta yang seluruhnya menggunakan pakaian daerah.

"Untuk pertama kalinya hanya terjadi di Jakarta dan tak ada di belahan dunia lain, Jakarta sebagai pemegang rekor peragaan busana dengan jumlah peserta berpakaian daerah terbanyak," kata Damian.

Untuk diketahui, Kirab Budaya Rakyat Jakarta pertama sengaja digelar hari ini sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menjadikan Jakarta sebagai etalase budaya nusantara yang berbasis budaya Betawi. Jumlah 10.020 peserta yang ikut meramaikan kegiatan ini berasal dari 347 grup dari Jakarta dan berbagai daerah lain di luar Jakarta.

Selain peragaan busana, kegiatan ini juga diramaikan dengan pertunjukkan tari-tarian daerah, ondel-ondel, barongsai, dan pusat jajanan kuliner dari 33 provinsi.

Pagi tadi Jokowi membuka kegiatan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine. Kegiatan berlangsung dengan long march dari depan gedung Balai Kota dan berakhir di panggung rakyat di area tugu Monas. Ribuan masyarakat tumpah memadati jalan-jalan di sekitar Monas, situasi lalu lintas terpantau padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com