Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ikut Karnaval

Kompas.com - 28/10/2012, 10:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) ikut berjalan kaki bersama ribuan peserta Kirab Budaya dan warga masyarakat di sekitar tugu Monas, Jakarta, Minggu (28/10/2012). Ia mengaku, takjub dengan antusias masyarakat DKI yang ikut meramaikan gelaran Kirab Budaya Rakyat Jakarta 2012 ini.

 "Antusias masyarakat pada kegiatan ini sangat baik, kita harus pikirkan event serupa yang manajemennya lebih baik untuk menampung kreativitas semua warga, khususnya pemuda," kata Jokowi.

Ia menjelaskan, kegiatan Kirab Budaya hanya dipersiapkan selama sepuluh hari. Namun, dirinya optimistis acara dapat berlangsung baik dengan persiapan yang singkat ini. "Persiapannya cuma sepuluh hari, maka ke depan manajemennya akan lebih baik," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti 10.020 peserta yang terdiri dari 347 grup dari Jakarta dan luar Jakarta. Beberapa daerah dari luar Jakarta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Surakarta, Pekalongan, Magelang, dan Kalimantan Tengah.

Dengan banyaknya peserta tersebut, kegiatan ini dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai parade busana daerah dengan jumlah peserta terbanyak. Jokowi menerima penghargaan itu secara langsung dari Deputy Manager MURI, Damian Awan Rahargo.

Situasi lalu lintas di sekitar jalan yang dilalui terpantau padat. Selain karena badan jalan yang disulap menjadi cat walk jalanan, juga karena ribuan masyarakat yang tumpah di sekitar area tersebut. Sementara itu, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup selama kegiatan ini berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com