Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Lincah, Selokan 1,5 meter pun Diloncati

Kompas.com - 29/10/2012, 18:27 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menelusuri Blok M-Taman Ayodya-Barito untuk meninjau kawasan yang ia rencanakan untuk dijadikan Creative Public Space bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Jokowi pun dengan langkah cepatnya menelusuri Taman Ayodya.

Ada kejadian menarik saat ia menelusuri Taman Ayodya. Jokowi ingin menemui Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi yang berada di seberang sebuah selokan selebar 1,5 meter dengan arus deras di bawahnya. Jokowi yang saat itu menggunakan setelan kemeja putih dan sepatu kets cokelat andalannya pun dengan sigap meloncati selokan tersebut dan menemui Anas.

Melihat Jokowi yang seperti itu, para ajudannya sempat bingung, namun beberapa di antaranya langsung mengikutinya Jokowi meloncati selokan tersebut. Namun, beberapa wartawan, kameramen, dan ajudan memilih untuk mencari jembatan untuk menyeberangi selokan.

Setelah menghampiri Anas, Jokowi pun menuturkan bahwa kawasan Blok M sampai Mayestik itu akan digunakannya menjadi Creative Public Space.

"Ini salah satu dari tiga public space, rencananya. Di sini (Taman Ayodya) bagus, banyak ruang terbuka hijau dan rimbun," kata Jokowi, di Taman Ayodya, Jakarta, Senin (29/10/2012).

Dalam tinjauannya tersebut, Jokowi yang terus didampingi Anas Effendi juga meninjau kawasan Barito, yang dipenuhi penjual buah dan burung. Wali Kota Jakarta Selatan juga sesekali menerangkan kepada Jokowi perihal kawasan itu.

"Di sini ada tiga kelompok, Pak Jokowi. Ada untuk pusat jajanan makanan, buah, dan burung," kata Anas.

Jokowi pun dengan ramah menyalami dan melayani permintaan foto para pedagang buah dan masyarakat yang melihatnya. Jokowi pun melemparkan candaan khasnya.

"Ini kok pedagang buah semua toh yang datang ke saya. Yang lainnya mana?" kata Jokowi sambil tertawa.

Di akhir kunjungannya, Jokowi sempat memasuki sebuah warung tegal (warteg) dan meninjau kondisi selokan yang ada di belakang warteg tersebut.

Tinjauannya di daerah Blok M tersebut hanya sekitar 45 menit. Rombongan langsung bergegas menuju kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Iya ini yang penting nanti ditata lagi," pungkasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kemenparekraf RI berencana membangun Creative Public Space di Jakarta untuk mendukung perekonomian dari hasil karya kreatif warga Jakarta. Adapun kriteria lahan yang akan dijadikan Creative Public Space itu adalah ruang terbuka hijau, area pedestrian, tempat untuk berjualan, dan juga untuk pengendara kendaraan bermotor.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com