Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Jokowi, Kali Pademangan Bersih dari Sampah

Kompas.com - 30/10/2012, 17:11 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedatangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyambangi Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, pada Selasa (16/10/2012) lalu, dilakukan sembari mengecek kondisi kali di pemukiman padat di sekitar RW 01 daerah tersebut. Sambil berjalan keliling di pemukiman, orang nomor satu DKI meminta agar kali tersebut segera dibersihkan.

Penelusuran KOMPAS.com di sepanjang kali yang dijajaki Jokowi saat kunjungannya, sampah yang bertumpuk kini sudah berkurang. Di beberapa titik, terutama di sebuah jembatan kecil yang sempat menjadi perhatian Jokowi kala itu, sampah yang ada tidak sebanyak sebelumnya, meski kumpulan kecil sampah masih terlihat di lokasi tersebut.

Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono yang ditemui terpisah, sebelumnya mengatakan sudah melakukan upaya pengerukan dibantu warga di lokasi tersebut.

"Di Pademangan (Timur) itu sudah diminta pada masyarakat, Pak Gubernur minta untuk kerja bakti. Kita juga kerja sama dengan PU Tata Air untuk melakukan pengerukan lumpur," kata Bambang,saat acara Upacara Penutupan Revitalisasi Program KB Nasional Tahun 2012 dan TMMD ke-89 di wilayah Kodam Jaya, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (30/10/2012).

Menurutnya, untuk upaya maksimal memang membutuhkan alat. Pihaknya mengaku sudah mempersiapkan hal tersebut.

"Sudah dilakukan tapi efektivitas proses maksimalnya memang harus pakai alat. Kalau manual bisa, tapi lama, tapi masyarakat sudah kerja bakti dibantu Sudin PU Tata Air. Dan nanti dinas PU sudah menyediakan alat untuk mengeruk itu," ujar Bambang.

"Karena cukup dalam (lumpurnya). Untuk menggunakan alat keruk memang membutuhkan waktu. Artinya memang harus pakai alat," jelas Bambang.

Sementara itu, Soekidjo (57), ketua RT 16 di wilayah RW 01  mengungkapkan bahwa kerja bakti warga dan juga dari Dinas PU diakuinya sudah berlangsung semenjak kunjungan Gubernur.

"Sejak kemarin memang warga istilahnya bantu. Dikeruk secara manual, kadang yang dangkal sekali itu memang (perlu) dikeruk. Kemarin enggak sempat saya hitung, kurang lebih dari Dinas ada 10 orang, kalau dari warga ya sekitar 50 persen warga," ujar Soekidjo.

Ia juga mengungkapkan adanya bantuan dari Dinas PU berupa peralatan kebersihan kepada warga melalui RT dan RW.

"Setahu saya ada penyerahan simbolis dari Pak Camat Sama Pak Lurah berupa cangkrang, sekop, pacul, karung, sama alat angkut," kata Soekidjo memaparkan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta meminta agar lokasi pada kali tersebut segera dibersihkan. Gubernur meminta peran serta masyarakat, selain Dinas PU yang bertanggung jawab, untuk turut serta mengambil bagian dalam proses membersihkan kali yang terletak di Pademangan Timur itu.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com