Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayar Rp 6.500 Per Hari, Buruh Carrefour Demo

Kompas.com - 01/11/2012, 13:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Puluhan buruh menggelar aksi unjuk rasa di depan supermarket Carrefour, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Kamis (1/11/2012) siang. Mereka menuntut manajemen menghapus status magang bagi pekerja yang masih bekerja di Carrefour.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Surabaya Dendy Prayitno mengatakan, masih ada ratusan pekerja Carrefour berstatus magang yang dipekerjakan di luar norma ketenagakerjaan yang berlaku. Mereka hanya dibayar upah makan Rp 6.500 per hari dan bekerja melebihi sepatutnya pekerjaan magang.

Seharusnya, pekerja magang direkrut dari sekolah atau lembaga pendidikan yang ingin mencari pengalaman kerja, tetapi di Carrefour status magang juga berlaku bagi pencari kerja.

''Belum lagi masalah pekerja kontrak yang sistem kerjanya diberlakukan di luar kaidah yang berlaku,'' katanya.

Masalah perburuhan, kata Dendy, mulai muncul semenjak PT Carrefour Indonesia mengakuisisi PT Alfa Retailindo pada 2008 lalu. Saat itu, semua aset pusat belanja grosir Alfa dialihkan kepada Carrefour, tetapi tidak ikut mengalihkan status para pekerjanya.

''Akibatnya, status mereka kebanyakan terdaftar atas nama PT Alfa Retailindo meskipun sesungguhnya mereka bekerja untuk Carrefour,'' katanya.

Pihak manajemen sempat menerima perwakilan para buruh, tetapi manajemen tidak dapat mengambil keputusan strategis karena kebijakan terpusat di direksi yang ada di Jakarta.

Puluhan buruh kemudian mengancam akan menduduki Carrefour hingga tuntutan mereka dipenuhi. Para buruh juga mengancam akan mengerahkan ratusan pegawai Carrefour di Surabaya untuk menggelar aksi mogok massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com