Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bersepeda Bersama Menteri PU Djoko Kirmanto

Kompas.com - 04/11/2012, 08:44 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Tata Ruang, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto bersepeda dari Bundaran HI menunju Senayan Jakarta.

Jokowi mengenakan kaos berwarna putih dan celana panjang biru hadir di Bundaran HI bersama istrinya Iriana dan disambut Menteri PU Djoko Kirmanto.

"Harapannya, semoga kita sehat, kota juga sehat," jelas Jokowi saat ditanyai tujuan acara ini di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (4/11/2012).

Hal yang sama disampaikan Djoko. "Tujuan peringatan Hari Tata Ruang, supaya orang memahami tata ruang itu penting, ini urusan ruang hijau," tegasnya.

Sekitar Pukul 06.30, Jokowi bersama rombongan lainnya, bersepeda menuju Senayan Jakarta. Semua peserta fun bike, termasuk Jokowi dan Djoko Kirmanto, mengenakan kaos polo putih dengan gambar pohon warna hijau di bagian depan.

Beberapa peserta termasuk Djoko Kirmanto mengenakan topi warna coklat. Sedangkan Jokowi mengenakan helm sepeda warna merah.

Untuk diketahui, Hari Tata Ruang (Haritaru) diperingati setiap tanggal 8 November 2012. Haritaru diadopsi dari World Town Planning Day yang sudah diperingati sejak 1949 di Argentina. Tahun 1995 mulai diperingati Haritaru dan hingga kini tercatat ada 40 negara di seluruh dunia, yang memperingati Haritaru setiap tahunnya.

"Di Indonesia sendiri saat ini baru memasuki tahun kelima, sejak peringatan awal pada 2008," kata Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Haritaru 2012, Rezeki Peranginangin. 

Tujuannya untuk lebih menggerakkan masyarakat, seperti kampanye publik supaya menyadari pentingnya tata ruang untuk kehidupan yang lebih baik.

"Selanjutnya peringatan Haritaru ini dapat direleksikan dalam delapan atribut kota hijau," ujarnya.

Delapan atribut yang dimaksud, sebagai berikut:

1. Perencanaan dan perancangan kota ramah lingkungan (green planning and design)
2. Ruang terbuka hijau (green open space)
3. Konsumsi energi yang efisien (green energy)
4. Pengelolaan air (green water)
5. Pengelolaan limbah dengan prinsip 3R (green waste)
6. Bangunan hemat energi (green builiding)
7. Penerapan sistem transportasi yang berkelanjutan (green transportation)
8. Peningkatan peran masyarakat sebagai komunitas hijau (green community).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com