Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Satgas Pencegahan Kebakaran Dilantik

Kompas.com - 04/11/2012, 10:29 WIB
D. Wisnu Widiantoro

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 150 warga RW 2 Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, dilantik menjadi Satgas Pencegahan Kebakaran. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Balai RW 2 Kelurahan Angke pada Minggu, 4 November 2012.

Sebelumnya mereka mendapatkan pelatihan baik secara teori maupun praktek mengenai kebakaran. Menurut Joko Susilo, Instruktur dan juga Kepala Satuan Pleton Damkar Sektor Tambora, salah satu teori yang diberikan adalah asal-usul api dan pencegahannya.

"Intinya adalah bagaimana warga bisa secara swadaya mengatasi kebakaran sebelum petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi" tambahnya. .

Penyuluhan ini yang diberikan juga untuk memberikan pemahaman tentang bahaya kebakaran dan pencegahannya. Dengan pelatihan ini diharapkan terjalin komunikasi antara pemadam kebakaran dan warga sehingga tidak terjadi benturan saat petugas bekerja memadamkan api.

Dalam pelantikan satgas itu, Djarum Foundation juga menyerahkan bantuan berupa 15 selimut api, 15 alat pemadam ringan dan 1 alat pemadam berat. Pelaksana Program Sumbangsih Sosial Djarum Foundation, Bintang, mengatakan bahwa program ini merupakan bentuk pendampingan memberdayakan masyarakat untuk mencegah kebakaran. "Djarum masih akan mendampingi warga selama 6 bulan kedepan" imbuhnya.

Selain warga masyarakat hadir juga dalam acara itu, Camat Tambora, Isnawa Adji, Wakil Walikota Jakarta Barat, Sukarno, dan dari Djarum Foundation.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com