Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Deret Susun Program Unggulan Jokowi 2013

Kompas.com - 05/11/2012, 20:27 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan 95 RW yang akan dijadikan Kampung Susun Deret. Hal ini digunakan untuk mempercepat penataan kampung kumuh. Program Kampung Deret Susun ini akan menjadi program unggulan Pemprov DKI di tahun 2013.

"95 RW tersebut merupakan usulan dari lima Pemkot Administrasi yang telah melakukan survei lapangan di masing-masing wilayahnya. Tapi ini baru usulan, masih harus didiskusikan lagi," kata Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Sarwo Handayani di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Dikatakan wanita yang akrab disapa Yani ini, kajian tersebut dilakukan untuk memastikan RW tersebut merupakan kawasan yang tepat untuk dibangun Kampung Susun Deret.

"Tunggu saja ya hasil kajiannya seperti apa. Yang pasti baru 95 RW yang diusulkan," ujar Yani.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan DKI Novizal mengatakan, pihak Dinas Perumahan DKI juga menargetkan sebanyak 100 kampung kumuh untuk diubah menjadi kampung susun deret yang lebih sehat.

Novizal berharap wali kota secepat mungkin menyerahkan data lahan yang dianggap memenuhi syarat untuk dijadikan kampung susun deret.

"Pembangunan Kampung Deret Susun akan dijadikan program unggulan tahun 2013. Kami juga akan mulai melakukan detailed engineering design (DED) dan tender. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 8,5 bulan. Setelah itu, pembangunan fisik pun dapat dimulai pada kuartal ketiga tahun depan," jelasnya.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com