Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipimpin Jokowi, Atut Berharap Lebih Akrab dengan DKI

Kompas.com - 07/11/2012, 15:09 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah berharap program pembangunan Jakarta dengan Banten lebih bersinergi setelah Jakarta dipimpin Joko Widodo.

Menurut Atut, banyak program pembangunan Jakarta dan Banten yang bersinergi, termasuk ketentraman dan kesejahteraan masyarakat DKI, Jawa Barat dan Banten melalui kerjasama Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jabodetabekjur.

Dikatakan Atut, terdapat sembilan program yang menjadi prioritas dan fokus kerjasama DKI Jakarta dan Provinsi Banten. Antara lain infrastruktur, penanggulangan banjir, pendidikan, kesehatan, pemukiman di wilayah perbatasan, kependudukan dan terkait penanganan sosial kemasyarakatan, gelandangan dan lainnya.

Dijelaskan Atut, Provinsi Banten adalah salah satu dari 33 provinsi yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai daerah penerapan enam koridor ekonomi. Banten masuk dalam koridor ekonomi Jawa dan Sumatera.

Untuk koridor ekonomi Jawa meliputi Banten, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, Banten harus mendukung sektor industri dan jasa nasional.

Sementara untuk koridor ekonomi Sumatera Banten yang mencakup wilayah Banten, Serang, Cilegon, Pandeglang dan Lebak, Banten ditetapkan sebagai daerah yang memiliki potensi, di antaranya terkait energi dan pengelola hasil bumi.

"Hal ini yang tadi saya sampaikan kerjasama, yaitu bagaimana Banten memiliki program sinergi terkait program agribisnis. Kami harapkan dapat memberikan dampak positif khususnya bagi Banten dan DKI," kata Atut usai bertemu dengan Jokowi di Banten, Rabu (7/11/2012).

Program ini, kata Ratu Atut, sudah disampaikan sejak kepemimpinan DKI di bawah Sutiyoso. Namun, belum ada pembahasan lebih lanjutnya kembali.

"Jadi dengan kunjungan ini kami ingin menindaklanjuti kerjasama program yang sinergis," kata Atut.

Pertemuan antara Jokowi dengan Atut ini berlangsung sekitar dua jam. Di akhir pertemuan, Jokowi memberikan cinderamata plakat Monas. Sedangkan, Ratu Atut memberikan kain bahan corak batik khas Banten kepada Jokowi.

Berita terkait lainnya dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com