Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

253 Prajurit Lulus Pendidikan Para

Kompas.com - 07/11/2012, 21:12 WIB
Ratih Prahesti Sudarsono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 253 prajurit lulus pendidikan kursus Para Dasar. Kemampuan Para Dasar harus dimiliki pasukan lintas udara dalam rangka pengerahan pasukan, baik sebagai kekuatan penangkal maupun sebagai kekuatan tempur.

Pendidikan kursus Para Dasar kali ini adalah Gelombang III TA 2012, berlangsung lima minggu. Kelulusan peserta sekaligus penutupan pendidian yang berlangsung dalam upacara pasukan dengan ispektur upacara Asisten Personel Danjen Kopassus Kolonel (Inf) Kartika Adi Putranta di Lapangan Supalan Pusdikpassus Batujajar Bandung, Jawa Barat, Selasa kemarin. 

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pihak Penerangan Kopassus, Rabu (7/11/2012) siang, disebutkan, 253 prajurit peserta didik berasal dari Kopassus 150 personel, Kostrad 100 personel, Kemhan 1 personel, dan tentara Filipina 2 personel.

Danpusdikpassus Kolonel (Inf) I Nyoman Cantiasa  dalam amanatnya yang dibacakan Kolonel (Inf) Kartika Adi Putranta mengatakan, kemampuan Para Dasar merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki pasukan lintas udara dalam rangka pengerahan pasukan. Yakni untuk keperluan strategis ataupun taktis ke semua penjuru yang masih dalam jangkauan satuan lintas udara.

Ini, baik sebagai kekuatan penangkal maupun sebagai kekuatan tempur.

Keberhasilan satuan lintas udara sangat ditentukan oleh tingkat kecepatan dan mobilitas yang tinggi dalam menghadapi berbagai ancaman dan gangguan, yang dapat membahayakan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com