Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Prediksi Tak Ada Banjir Besar di Jakarta

Kompas.com - 08/11/2012, 11:18 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memperkirakan, tidak akan ada banjir besar di Jakarta memasuki musim hujan tahun ini. Persiapan Ibu Kota yang kerap banjir saat musim hujan, menurut dia, hanya perlu dilakukan dengan melakukan aksi kerja bakti di lingkungan masyarakat.

"Kalau yang gede-gede, kan, enggak mungkinlah. Kita itu perlu gotong royong dan kerja bakti," ujar Jokowi, Kamis (8/11/2012), saat menghadiri acara pertemuan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan gubernur dan ketua DPRD provinsi seluruh Indonesia di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Ia menekankan, aksi kerja bakti perlu digalakkan dengan menggerakkan masyarakat di setiap kampung untuk membersihkan selokan. Hal ini agar tidak terjadi saluran air yang mampat sehingga menimbulkan genangan air. Selain itu, Jokowi juga menjelaskan, menghadapi musim hujan, upaya pengerukan kali juga terus dilakukan.

"Mulai dari Pademangan, Jakarta Barat, dan semua kali," katanya.

Namun, Jokowi menilai, pengerukan juga perlu dilakukan secara hati-hati. "Kalau dikeruk di kedalaman 160 meter saja sudah kena sedimen," ujar Jokowi.

Kehadiran Jokowi di DPR untuk melakukan penandatanganan kerja sama dengan pimpinan MPR. Jokowi, yang berpakaian batik berwarna coklat, hadir sekitar pukul 10.30 dengan menggunakan mobil dinasnya Land Cruiser B 1120 SMZ. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com