Jumat, 19 Desember 2014

News / Megapolitan

Walkot Depok: Saya Akan Pertemukan Efendi-Obama

Kamis, 8 November 2012 | 22:02 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Terpilihnya kembali Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat menginspirasi Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengunjungi orang yang mengenal Obama kala kecil, H Efendi (67). Efendi merupakan wali kelas Obama ketika sekolah di SD Negeri Menteng 01 Pagi (dulu bernama SD Negeri Besuki) tahun 1970-1971.

Efendi bertempat tinggal di Jalan Kapuas Raya Nomor 121 RT 3 RW 17 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, Kamis (8/11/2012), Nur Mahmudi ingin menggali cerita tentang Obama kecil.

Efendi yang kala itu menjadi wali kelas III mengenang Obama kecil sebagai murid yang berani tampil di kelas.

"Dia paling sering nunjuk tangan kalau diberi kesempatan bertanya. Anaknya suka bergaul dan juga rame sehingga punya banyak teman," kenang Efendi.

Menurut dia, warna kulit dan asal-usulnya membuat teman-teman menjadikan Obama bahan ledekan.

"Tapi, ia tidak pernah marah. Kalau diusilin teman-temannya, dia malah ketawa," tutur Efendi.

Efendi lalu menunjukkan foto-foto Obama ketika tinggal di Indonesia. Terdapat foto yang menunjukkan Obama datang ke pesta ulang tahun temannya dan foto-fotonya bersama teman sekelas.

Salah satu teman Obama, Deby Sadrach, yang kini adalah Vice President PT Unilever Indonesia, pernah berkirim surat kepada Obama dan mendapat balasan langsung dari Gedung Putih ke alamat Deby. Dalam surat yang ditunjukkan Efendi kepada Kompas.com, Obama menulis, "Rasanya baru kemarin saya bertemu dengan kawan-kawan semua."

Obama juga mengatakan akan selalu mengenang masa-masa ketika ia bersekolah di kawasan Menteng.

Kini, muridnya tersebut terpilih kembali sebagai Presiden Amerika Serikat periode kedua. Efendi mengaku senang mengetahui Obama kembali terpilih sebagai pemimpin negara adidaya tersebut.

"Saya bangga, mantan murid ternyata seorang kini Presiden Amerika Serikat. Sama sekali tidak menyangka," ujarnya bangga.

Kepada Wali Kota Depok, Efendi mengutarakan harapannya agar kelak diberi kesempatan untuk bertemu langsung dengan mantan anak didiknya itu.

"Saya akan menfasilitasi keinginan Pak Efendi untuk bertemu Obama secara langsung. Saya akan sampaikan keinginan ini ke Kedutaan Besar Amerika Serikat," kata Nur Mahmudi.

Wali Kota Depok ini berharap, keberadaan Efendi akan mempermudah soft diplomacy antara Amerika Serikat dan Indonesia.

"Jika Pak Efendi dapat bertemu langsung dengan Obama, itu akan sangat bagus bagi citra Amerika Serikat sendiri di Indonesia. Itu menguntungkan bagi kedua negara. Hubungan baik bisa dibangun dengan cara sederhana seperti ini," tutur Nur Mahmudi.


Penulis: Noory Okthariza
Editor : Ana Shofiana Syatiri