Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagikan Kartu Sehat, Jokowi Ingin Tunjukan Cara Melayani Masyarakat

Kompas.com - 12/11/2012, 13:17 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo turun langsung ke tengah  masyarakat membagikan kartu Jakarta sehat (KJS). Kartu itu berguna untuk mendapatkan pengobatan gratis di puskesmas dan rumah sakit terpilih. Pagi tadi, Jokowi membagikan KJS di RW 06 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara.

Jokowi mendatangi rumah-rumah warga dan memberikan sendiri kartu itu kepada penghuni rumah. Jokowi mengaku, dengan mendatangi langsung ke rumah warga, ia ingin menunjukkan kepada jajarannya cara melayani masyarakat. "Jadi ini kartu sudah kami antar dari rumah ke rumah. Saya ingin menunjukkan kepada jajaran saya bahwa melayani ya seperti itu," kata Jokowi kepada wartawan di depan Puskesmas Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (12/11/2012).

Ia menjelaskan, kartu sehat dapat langsung digunakan di puskesmas dan rumah sakit terpilih. Warga yang sudah memiliki kartu bisa langsung mendaftarkan diri dan menggunakan kartu Jakarta sehat (KJS) di tempatnya berobat.

"Saat masuk puskesmas, masyarakat tinggal bawa kartu, daftar kemudian digesek...sreet, keluar ini (sambil menunjukan kertas). Ini (kertas) menyangkut dua, pertama record mengenai sakit, minggu pertama sakitnya apa, dan juga menyangkut masalah billing system, masalah prosedur keuangan yang sudah ter-record dalam kartu ini," katanya.

Artinya, lanjut Jokowi, manajemen keuangan dan manajemen kontrol pada kartu menjadi mudah diketahui karena sudah terdapat dalam kartu tersebut.

Ia mengatakan,  dengan kartu itu pasien dengan penyakit apa saja bisa menggunakannya. Dan kartu itu akan langsung online ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Kartu Jakarta sehat tidak memiliki limitasi.  "Ya semua penyakit dong, ada penyakit panu, ada penyakit masuk angin, enggak ada batas berapa pun nilainnya," kata Jokowi.

Bagaimana caranya mendapatkan Kartu Jakarta Sehat, baca: Bikin Kartu Sehat Cukup Pakai KTP dan KK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com