Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi "Door to Door" Bagikan Kartu Sehat

Kompas.com - 12/11/2012, 14:15 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai Gubernur, Joko Widodo memang cukup unik. Dia melayani warganya dengan pendekatan personal. Saat membagikan Kartu Jakarta Sehat, dia langsung mengetuk pintu warganya.

Tidak ada sungkan terlihat dari wajah orang nomor satu di Ibu Kota ini ketika mengetuk rumah warga di Rusun Tanah Tinggi.

"Assalamualaikum, Ibu permisi. Ini ada yang namanya Ratmi, Djunaedi, Fajar Ramadhan, Asnawati? Ibu nanti kalau sakit ke puskesmas ya Bu, tunjukkan kartu ini," kata Jokowi di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Ibu Ratmi yang merupakan penghuni rumah tersebut tentu saja senang mendapat kejutan dikunjungi Gubernur DKI Jakarta. Senyumnya pun sumringah melihat Jokowi.

"Iya Pak. Ini semua kartunya lengkap untuk saya, suami saya, dan anak-anak saya. Alhamdulillah, terima kasih ya Pak," kata Ratmi kepada Jokowi.

Jokowi pun dengan sabar menjelaskan mengenai fasilitas yang akan didapat pemegang Kartu Jakarta Sehat. Misalnya pun peralatan medis di puskesmas kurang, pemegang Kartu Jakarta Sehat akan dirujuk ke rumah sakit terdekat tanpa biaya alias gratis.

"Tunjukkan ke rumah sakitnya, ya Bu. Nanti Ibu bisa berobat tanpa biaya dan ada rekam medisnya. Terima kasih ya, Bu. Assalamualaikum," kata Jokowi seraya melanjutkan mengetuk pintu warga lainnya.

Tentu saja tidak semua pintu diketuk Jokowi. Hanya empat rumah yang mendapatkan Kartu Jakarta Sehat langsung dari Jokowi secara simbolis. Sebab, di Rusun Tanah Tinggi itu terdapat enam blok dan 460 unit.

Warga sekitar rusun yang mengetahui kedatangan Jokowi ikut terlihat antusias. Sepanjang perjalanannya menuju rumah warga, dia harus melayani warga yang ingin bersalaman dan foto bersama.

Warga yang belum mendapat Kartu Jakarta Sehat sempat mencegatnya dan bertanya kenapa mereka belum mendapatkan kartu itu. Jokowi pun menenangkan mereka.

"Semuanya dapat, semuanya dapat ya. Ke puskesmas, semua dapat ya. Nanti langsung saja ke puskesmas," kata Jokowi.

Dalam pembagian Kartu Jakarta Sehat di Tanah Tinggi, Jokowi turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati, Wali Kota Jakarta Pusat Fatahillah, serta lurah dan camat setempat.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com