Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki: Kita Belum Bercucuran Darah

Kompas.com - 12/11/2012, 14:25 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai perjuangan masyarakat saat ini masih relatif enteng. Setidaknya bila dibandingkan dengan apa yang dilakukan para pahlawan saat berjuang memperebutkan kemerdekaan.

"Kita belum bercucuran darah, perjuangan kita relatif enteng," kata Basuki seusai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional di Lapangan Monas, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Menurutnya, saat ini tantangan terbesar masyarakat adalah berperang melawan bangsa sendiri, berperang melawan dirinya masing-masing. Sesuai dengan apa yang pernah diungkapkan Presiden pertama Indonesia Soekarno.

Baginya, semua perjuangan masyarakat di era saat ini belum sebanding dengan apa yang telah dilakukan para pahlawan. Itulah mengapa menurutnya Hari Pahlawan Nasional harus terus diperingati setiap tahunnya sebagai ungkapan hormat kepada para pahlawan.

"Sekarang kita hanya berjuang agar tidak korup dan harus adil melayani masyarakat. Itu sesuatu yang enggak sebanding dengan perjuangan pahlawan. Maka, harus terus kita peringati," ucapnya.

Di luar itu, Basuki menegaskan bahwa pahlawan adalah sosok pribadi yang berani mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan menjunjung tinggi sumpah jabatan.

"Enggak ngambil uang rakyat dan enggak diam saat rakyat dizalimi. Pahlawan adalah orang yang berani mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com