Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Jamin Kartu Sehat Tak Pakai Dana Utang

Kompas.com - 12/11/2012, 14:36 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kartu Jakarta Sehat (KJS) telah diluncurkan dan berlaku untuk jaminan gratis layanan kesehatan warga Ibu Kota. Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin program ini diterapkan tanpa dana pinjaman.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, anggaran yang digelontorkan untuk menyokong program ini telah cukup untuk menutupi semua keperluannya. Maka dari itu, pihaknya dapat menjalankan program tanpa bantuan utang.

"Anggaran Rp 800 miliar untuk program ini sudah sesuai porsi. Jika sebelumnya selalu dibantu utang, saat ini dan mulai tahun depan tidak perlu lagi bantuan dari dana utang," kata Basuki di lapangan Monas, Jakarta, Senin (12/11/2012).

Ia menjelaskan, dalam program kesehatan sebelumnya, yakni Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), program tersebut selalu menyisakan utang Rp 300 miliar di setiap tahunnya. Ia menjamin hal tersebut tak akan terjadi di tahun depan.

"Jamkesda setiap tahun tuh ngutang. Kita dapat, tapi selalu ngutang. Nah utang itu sekarang kita bayar, Rp 300 miliar itu kita nolkan mulai tahun depan," tandasnya.

Sebagai informasi, KJS merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. sampai akhir tahun ini, 3.000 kartu akan dibagikan kepada warga di enam kelurahan kumuh dan padat penduduk.

Warga pemilik kartu ini dapat berobat gratis ke puskesmas, atau saat dirujuk rawat inap di rumah sakit kelas III. Cara memilikinya terbilang mudah karena hanya perlu menyertakan KTP atau kartu keluarga dan mendaftarkan diri melalui puskesmas.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com