Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Polisi Medan Jaga Demo Buruh

Kompas.com - 13/11/2012, 12:52 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Ratusan polisi turut menjaga unjuk rasa ribuan buruh di Kota Medan, Selasa (13/11/2012). Mereka juga mengawal buruh dalam penggalangan massa.

Sejak pukul 07.00, polisi berjaga di Kawasan Industri Medan I dan Kawasan Industri Medan II. "Kami menjaga agar tidak ada sweeping (penyisiran) buruh. Yang demo silakan demo. Yang kerja, biarkanlah bekerja. Itu hak mereka. Jangan dipaksa ikut demo," kata Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Wisjnu Amat Sastro.

Dia menambahkan, polisi juga berjaga-jaga di sepanjang Jalan Yos Sudarso, tempat banyak pabrik berdiri. Sebagian lagi berjaga di Balaikota Medan dan Kantor Gubernur Sumut.

Menurut Wisjnu, pihaknya siap menambah pasukan bila kondisi memanas. "Intinya, saya berharap unjuk rasa berjalan aman dan tertib. Silakan menyampaikan aspirasi secara santun. Jangan anarki," ujarnya.

Dia mengatakan, bila unjuk rasa rusuh, yang rugi bukan hanya buruh, melainkan juga keluarga buruh. Bahkan, bisa jadi pabrik akan tutup karena buruhnya berurusan dengan polisi setelah terlibat kerusuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com