Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Kartu Jakarta Pintar Diundur Lagi

Kompas.com - 13/11/2012, 20:30 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Kartu Jakarta Pintar (KJP) kembali diundur. Jika awalnya akan dibagikan pada 17 November, kali ini pembagiannya akan molor sampai awal Desember 2012.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui bahwa KJP belum bisa dibagikan pada bulan ini. Namun, ia enggan menyebutkan alasan pengunduran tersebut. "Kita bagikan awal Desember, bukan bulan ini," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Peluncuran KJP ini telah mengalami dua kali waktu pengunduran. Awalnya kartu itu akan diluncurkan bersamaan dengan diluncurkannya Kartu Jakarta Sehat pada 10 November. Jokowi memenuhi janji peluncuran Kartu Jakarta Sehat pada Sabtu (10/11/2012) pekan lalu, tetapi peluncuran KJP diundur sepekan. "Bukan diundur, tapi memang baru dibagikan awal Desember nanti," ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membagikan 10.000 lembar KJP sampai akhir 2012. Pembagiannya dilakukan dalam beberapa tahap. Rencananya KJP akan diberikan langsung oleh Jokowi ke beberapa pemukiman padat dan kumuh. Setelah itu, para siswa akan memeroleh kartu tersebut dari Bank DKI selaku pihak yang menyusun format KJP. Bank DKI akan terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk membagikan KJP.

Tidak seperti KJS, yang dibagikan kepada semua warga yang membutuhkan, pembagian KJP hanya ditujukan kepada siswa miskin di jenjang SMA/SMK. Para siswa diwajibkan mengisi kelengkapan data pada berkas yang telah disediakan. Semua data yang dicantumkan harus ditulis lengkap dan tidak diperkenankan menggunakan singkatan.

Pada rencana awal, KJP hanya diperuntukkan bagi peserta didik SMA/SMK dan masuk dalam kategori ekonomi lemah. Pemegang kartu ini akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 240.000 setiap bulan untuk menutupi kebutuhan personal, seperti ongkos harian, membeli seragam sekolah, buku tulis/cetak, dan hal lain yang sifatnya kebutuhan pribadi.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com