Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Bantu Warga di Kali Laya

Kompas.com - 13/11/2012, 21:15 WIB
Noory Okthariza

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Aparat TNI dari Kodim 0508 Depok dikerahkan untuk mengevakuasi warga dan menerapkan prosedur standar darurat bencana akibat jebolnya tanggul Kali Laya, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok Jawa Barat. Sejak pagi tadi, anggota TNI yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim Letkol Inf. M Zamroni terjun langsung ke lokasi.

"Sekitar 150 orang TNI ada di lokasi, 40 orang anggota cadangan sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan," kata Zamroni kepada Kompas.com, Selasa (13/11/2012).

Para prajurit ini akan menyediakan tenda pengungsian bagi warga yang membutuhkan makanan dan peralatan medis. Zamroni mengatakan, hal itu telah menjadi prosedur tetap TNI saat turun membantu pemerintah maupun masyarakat.

Selain membuat tanggul darurat, TNI juga menyiapkan dapur umum dan alat-alat ringan, seperti cangkul, karung pasir, dan bebatuan. TNI juga sudah membuat jembatan yang terbuat dari bambu yang digunakan untuk menyeberangi tanggul yang jebol. Debit air yang deras membuat siapa saja yang ingin melihat langsung ke titik tanggul yang jebol harus ekstra hati-hati. Kontur tanah yang menanjak ditambah aspal jalan yang mengelupas karena tergerus air membuat jalan menuju titik tanggul cukup sulit dilalui.

Hingga sore ini, ketinggian air yang mengalir di Kali Jaya tidak juga surut. Derasnya air dari Kali Laya tersebut turun ke Kali Jantung yang ada sekitar 100 meter di bawahnya.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

TANGGUL KALI LAYA JEBOL

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com