Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Baru Sebulan Sudah Ditanya Realisasi

Kompas.com - 15/11/2012, 13:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebulan sudah Joko Widodo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Apa yang dirasakan mantan Wali Kota Solo itu tentang Jakarta?

Jokowi dengan rendah hati mengatakan bahwa yang seharusnya berkomentar adalah masyarakat, bukan dirinya.

"Ya, lihat nih kemeringet. Ya, yang ngomentari itu seharusnya masyarakat, bukan saya yang komentar," kata Jokowi di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (15/11/2012).

Namun, berdasarkan 30 hari pengalamannya melihat Jakarta, Jokowi mengatakan bahwa kendala yang paling sering dihadapinya adalah persoalan Ibu Kota yang multikompleks.

"Jadi ya memang satu per satu diselesaikannya. Jadi, jangan kesusu, baru sebulan, sudah ditanya realisasi," ujar Jokowi.

Dijelaskannya, perlu ada tahapan proses untuk merealisasikan suatu kebijakan, seperti diperlukannya pemetaan dan perencanaan yang matang sehingga membuahkan eksekusi yang sempurna.

"Memang tahapannya seperti itu. Komentar ya masyarakat yang menyampaikan," kata Jokowi.

Beberapa hari yang lalu, Jokowi juga pernah menceritakan kesannya menjadi Gubernur DKI menjelang sebulan menjabat. Ia mengaku terkesan dengan kawasan kumuh di Jakarta.

"Ya terkesannya kawasan kumuh itu semuanya. Apa yang membedakan Marunda dengan Bukit Duri itu apa, Bukit Duri sama Tanah Tinggi itu apa. Pokoknya semuanya harus diselesaikan," kata Jokowi.

Selama 30 hari menjabat sebagai Gubernur DKI, Jokowi memang lebih sering blusukan keluar untuk meninjau kampung-kampung daripada berada di dalam Balaikota DKI.

Ia juga telah membagi tugas dengan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dalam melaksanakan tugas pemerintahan. Jokowi yang blusukan, sedangkan Basuki yang berada di dalam Balaikota dan memimpin rapat dengan berbagai pihak.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Baca Juga:
Indonesia Fokus Menuju Nomor 7 Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com