Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Depok Punya Rp 85 M untuk Atasi Tanggul Jebol

Kompas.com - 16/11/2012, 15:58 WIB
Noory Okthariza

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Penanganan tanggul Kali Laya yang jebol pada Senin (12/11/2012) tengah malam, belum juga tuntas. Padahal, Pemkot Depok memiliki dana cadangan Rp 85 miliar untuk penanganan bencana.

"Biasanya lamban karena birokrasi yang tidak responsif. Untuk musibah seperti ini, Pemkot harus sigap," kata Wakil Ketua DPRD Kota Depok Prihandoko, Jumat (16/11/2012).

Menurut Prihandoko, dana cadangan Rp 85 miliar yang dimiliki Pemkot Depok sebenarnya lebih dari cukup untuk menangani Kali Laya.

"Juga lebih dari cukup untuk perbaikan fasilitas umum dan rumah-rumah warga yang rusak," kata politisi PKS ini.

Ia meminta Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail segera membuat surat keputusan dan menunjuk tim teknis yang akan menangani masalah ini secara komprehensif. Proses penanganan tidak menggunakan prosedur birokrasi karena akan memakan waktu.

Saat ini, warga di Perumahan Bukit Cengkeh II, Cimanggis, yang daerahnya kena aliran air tanggul pun sudah merasa terganggu.

"Ibu-ibu banyak yang tidak bisa tidur karena suara air yang mengganggu," ungkap Arifin, Ketua RW 16 Kelurahan Tugu.

Nunung (32), warga yang bermukim persis di depan tanggul mengaku masih trauma akibat peristiwa ini. Ia dan suaminya sengaja menimbun gundukan tanah di depan pagarnya agar air tidak lagi masuk ke pekarangan rumahnya.

"Biarin aja kotor, yang penting kita waspada terus kalau sewaktu-waktu tanggul buatan itu tidak mampu menahan air kali," ujar Nunung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com