Selasa, 21 Oktober 2014

News / Megapolitan

Kampanye Keselamatan Berkendara Digelar

Minggu, 18 November 2012 | 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Puluhan penggiat keselamatan berkendara berkampanye di simpang empat Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2012) siang.

Para penggiat tergabung dalam Road Safety Association, lembaga swadaya masyarakat yang berkiprah dalam mengampanyekan keselamatan berkendara.

Para penggiat menaruh spanduk besar di jembatan layang tepat di bawah patung pancoran. Spanduk itu bertuliskan Bayangkan Keluarga Kita yang Menjadi Korban Kecelakaan. Pastikan Tak Ada Lagi Korban dari Keluarga Kita !

Para penggiat juga menyebarkan selebaran bergambar foto seorang anak dan bertuliskan seperti dalam spanduk tadi. Saat lampu merah menyala, penggiat membentangkan spanduk kecil agar tulisan tadi terbaca oleh para pengendara.

Ketua Umum RSA Rio Octaviano mengatakan, korban kecelakaan terus berjatuhan. Setiap hari tercatat 89 orang tewas di jalan raya yang mayoritas adalah pesepeda motor.

Masyarakat diingatkan untuk berkendara secara aman, mematuhi aturan, dan beretika di jalan raya.

Pemerintah jangan abai untuk memperbaiki kualitas angkutan umum, memastikan kondisi jalan aman dan nyaman, dan penegakan hukum secara tegas dan konsisten.

"Korban terus berjatuhan karena masyarakat dibiarkan. Negeri ini sudah kondang disebut autopilot," kata Rio dengan tegas. 


Penulis: Ambrosius Harto Manumoyoso
Editor : Robert Adhi Ksp