Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Megapolitan

Kartu Jakarta Pintar Diluncurkan 1 Desember

Rabu, 21 November 2012 | 21:39 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah tertunda berulang kali, peluncuran Kartu Jakarta Pintar dipastikan akan diluncurkan pada 1 Desember 2012. Peluncuran tersebut akan dipusatkan di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Untuk tahap pertama, Kartu Jakarta Pintar (KJP) ini akan diberikan kepada 3.008 siswa SMA dan SMK di Jakarta. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, penundaan peluncuran ini karena bertepatan dengan cuti bersama. Awalnya, KJP akan diluncurkan pada 17 November 2012.

"Waktu itu saat 17 November cuti bersama walaupun anak sekolah tidak libur, tetapi memang kita tetap harus berkoordinasi," kata Taufik di Balaikota Jakarta, Rabu (21/11/2012).

Anggaran yang dialokasikan untuk program ini adalah sebesar Rp 37 miliar. Setiap siswa pemegang KJP akan mendapat uang operasional sebesar Rp 400.000 per bulan. Selain itu, siswa juga akan mendapat uang personal sebesar Rp 240.000 per bulan.

Taufik mengatakan, anggaran untuk biaya personal diambil dari biaya rawan putus sekolah yang sebelumnya diberikan kepada sekolah. Dana tersebut kemudian dialihkan karena sekolah telah mendapatkan tambahan biaya operasional sekolah (BOP) dari pemerintah pusat.

"Anggarannya diambil dari biaya rawan putus sekolah yang diberikan ke sekolah, sekarang dialihkan untuk anak didik," kata Taufik.

Saat peluncuran nanti, KJP akan diserahkan kepada 100 anak secara simbolis di setiap wilayah. Namun, sebanyak 3.008 siswa juga akan mendapatkannya pada hari peluncuran. Tahun ini, KJP akan diberikan kepada 10.266 siswa SMA dan SMK untuk menutupi angka partisipasi kasar yang mencapai 87,16 persen.


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Laksono Hari W