Selasa, 29 Juli 2014

News / Nasional

Kapolri Mutasi 10 Kapolres

Jumat, 23 November 2012 | 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 10 Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) dan beberapa pejabat Polri diganti. Hal tersebut berdasarkan telegram rahasia (TR) Kapolri bernomor Kep/715/XI/2012 tertanggal 22 November 2012. Pada TR yang diterima Kompas.com, Jumat (23/11/2012), Komisaris Besar (Kombes) Saidal Mursalin yang menjabat Kapolres Metro Jakarta Timur kini menjabat sebagai penyidik utama TK II Rowassidik Bareskrim Polri.

Posisi Saidal diisi oleh Kombes Mulyadi Kaharni yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Depok. Selain Kapolres Jakarta Timur, ada beberapa Kapolres di wilayah Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara yang diganti.

Kapolres Depok kini dijabat oleh AKBP Achmad Kartiko yang sebelumnya sebagai Sekpri Kapolri Spripim Polri. Kemudian, AKBP Hery Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Bogor Polda Jawa Barat kini menempati posisi sebagai Wadireskrimum Polda Metro Jaya.

Posisi Kapolres Bogor kini diduduki oleh AKBP Asep Safrudin yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok. Posisi Asep digantikan oleh AKBP Asep Adi Saputra yang sebelumnya menjabat Sekpri Wakapolri Spripim Polri. Wilayah Polda Jabar juga diganti posisi. Kapolres Cirebon AKBP Hero Henrianto Bachtiar menjadi Wakapolresta Bekasi Polda Metro Jaya.

Kapolres Cirebon diisi oleh AKBP Irman Sugema yang sebelumnya menjabat Kapolres Tasikmalaya. Jabatan Kapolres Tasikmalaya yang ditinggalkan Irman diisi oleh AKBP Wijonarko yang sebelumnya menjabat Reskrim Polrestabes Bandung Polda Jabar.

Selain itu, AKBP Muhammad Firman, yang sebelumnya menjabat Kapolres Sukabumi, diangkat sebagai Wadirresnarkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung. Kapolres Sukabumi diisi oleh AKBP Edi Suheri yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Cirebon Kota.

Posisi Edi kini dijabat oleh AKBP Dani Kustoni, yang sebelumnya menjabat Kabagops Polrestabes Bandung. Tak hanya di wilayah Jakarta dan Jawa Barat, Kapolri juga mengganti jabatan Kapolres Kolaka Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP Rachmad Pamudji menjadi Kabidpropam Polda Sultra.

Posisi Rachmad diisi oleh AKBP Hartoyo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Konawe Polda Sultra. Posisi Kapolres Konawe pun kini dijabat oleh AKBP Andi Anugrah yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar Rosdm Polda Sultra.


Penulis: Dian Maharani
Editor : Hindra