Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Banjir, Jokowi Anggap Perlu Penanganan di Lapangan

Kompas.com - 23/11/2012, 22:31 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah satu bulan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo terus didesak untuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota. Jokowi menyatakan, untuk saat ini permasalahan tersebut dapat ditangani dengan penanganan langsung di lokasi banjir.

Setiap kali mendapat pertanyaan soal masalah banjir tersebut, Jokowi menyatakan dirinya baru lima bulan menjabat sebagai gubernur sehingga perlu waktu menentukan cara untuk menangani banjir secara menyeluruh. Untuk itu, ia menegaskan perlu mendalami permasalahan banjir ini langsung dari lapangan.

"Saya ini kan memang penginnya ke lapangan terus, ingin menguasai masalah secara detail seratus persen agar saya mengerti," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (23/11/2012) malam.

Setelah menguasai permasalahan-permasalahan di lapangan, Jokowi segera membuat perencanaan penanganan banjir. Setelah itu, ia akan menentukan waktu yang tepat untuk mengeksekusinya. Saat ini yang perlu dipersiapkan untuk mengantisipasi datangnya hujan deras dan banjir adalah penanganan lapangan.

Mengenai distribusi logistik, Jokowi meminta hal tersebut dilakukan dengan segera dan tepat. Titik-titik banjir mana saja yang harus mendapat pasokan logistik dan tindakan evakuasi harus ditentukan secepatnya agar tidak ada korban jiwa.

"Ya memang penanganan lapangan, seperti persiapan-persiapan perahu yang harus segera dikirim kayak kemarin siang, sore. Penanganan-penanganan lapangan seperti itulah yang harus dikerjakan dalam menanggulangi peristiwa banjir," ujar Jokowi.

Untuk antisipasi banjir dalam jangka menengah, Jokowi mengatakan semua prosesnya sudah dimulai. Salah satu contohnya adalah melanjutkan proyek pelebaran Kali Pesanggrahan yang akan dipercepat mulai tahun depan. "Kalau setahun misalnya rampungnya sekian kilometer, nanti dilipatkan dua kali kalau perlu. Tapi ini kan menyangkut juga kecepatan pembebasan tanah," kata Jokowi.

Pemprov DKI juga akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum, dalam hal pembebasan tanah untuk pelebaran Kali Pesanggrahan. Ini dapat dilakukan secara bersama-sama di samping mempercepat langkah pengerukan Cengkareng Drain dan kali-kali kecil lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com