Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Normalisasi Kali Dipercepat

Kompas.com - 24/11/2012, 18:26 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Normalisasi kali untuk mencegah banjir harus dilakukan secara cepat dan berbarengan antara kali Pesanggrahan, Ciliwung, Cengkareng Drain, dan Pesanggrahan. Selain dalam pembenahan teknis, pembebasan tanah di sekitar kali-kali besar juga harus dipercepat.

"Antara pembebasan tanah dan teknisnya harus berbarengan selesainya. Ini juga hasil kerjasama dengan kementerian PU dan Pemprov DKI Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Kedoya Selatan, Jakarta Barat, Sabtu (24/11/2012).

Jokowi melanjutkan, pembenahan dan normalisasi ini diharapkan dapat selesai secepat mungkin. Jika tidak dipercepat, bencana banjir akan terus berulang setiap tahunnya.

Mengenai pembebasan tanah, kata Jokowi, tahun 2014 direncanakan pembangunan turap sepanjang Kali Pesanggrahan dapat selesai. Untuk mewujudkan pembangunan ini, warga disekitar kali juga harus bekerjasama untuk bisa membebaskan lahan di sekitar Kali Pesanggrahan.

Jokowi datang menggunakan mobil dinasnya Toyota Land Cruiser berplat nomor B 1543 SMZ. Ia dikawal oleh voorijder dari Dinas Perhubungan DKI. Saat Jokowi datang, gerimis menghujani tanah Kedoya Selatan. Banyak warga yang antusias untuk bisa bertemu, berfoto, dan bersalaman dengan mantan wali kota Solo tersebut.

Dipayungi payung berwarna abu-abu, ia memantau lokasi banjir di Kedoya Selatan. Keadaan sempat ricuh karena banyak anak kecil yang ingin berfoto dengan Joko Widodo.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir di Kedoya Selatan sudah tiga hari masuk ke rumah warga. Banjir tersebut masuk ke rumah warga setinggi dua meter. Namun di hari ketiga banjir, air sudah mulai surut sekitar 1 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com