Sabtu, 1 November 2014

News / Regional

Pilkada

Calon Petahana Maju dalam Pilkada Banyumas

Minggu, 25 November 2012 | 17:55 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Calon petahana Bupati Banyumas, Mardjoko, dipastikan kembali maju dalam bursa pemilihan kepala daerah itu pada tahun 2013.

Mardjoko yang menjabat bupati sejak 2008, Minggu (25/11/2012) secara resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyumas.

Dalam Pilkada Banyumas Februari 2013 mendatang, Mardjoko menggandeng Gempol Suwandono sebagai calon wakil bupati. Gempol adalah seorang dokter dan pernah menjadi Kepala Dinas Kesehatan Banyumas. Saat ini dia adalah Direktur RSUD Banyumas.

Pasangan itu diusung koalisi Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Partai pendukung lain yakni Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Karya Perjuangan, dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua DPD Partai Golkar Banyumas, Supangkat, mengatakan, seluruh partai koalisi dan partai pendukung berkomitmen memenangkan Mardjoko-Gempol (Djempol).

Menurut Marjoko, pemilihan Gempol Suwandono berdasarkan pertimbangan matang. Dia mengakui, cukup banyak sosok dari luar partai dan internal Partai Golkar mencalonkan diri sebagai bakal calon wakil bupati.

Namun Gempol dipilih karena merepresentasikan pegawai negeri sipil yang kaya sikap sukarela, setia, patuh, berpengalaman, dan bijaksana. "Kami memiliki visi Bayumas yang bersih, berani, dan berwibawa," katanya.

Menurut Ketua KPUD Banyumas, Aan Rohaeni, pasangan Mardjoko-Gempol merupakan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang pertama mendaftar sebagai peserta Pilkada Banyumas 2013, dari jalur partai politik maupun gabungan partai politik. Hari ini adalah hari terakhir terakhir pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati dalam pilkada Banyumas.

 


Penulis: Gregorius Magnus Finesso
Editor : Agus Mulyadi