Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbu Liburan Seru di Pulau Seribu

Kompas.com - 26/11/2012, 14:12 WIB

Pulau yang terletak di sebelah utara Jakarta ini memiliki kekayaan alam memesona serta potensi pariwisata yang unggul. Enjoy Pulau Seribu!

Kepulauan Seribu ini terdiri dari gugusan kepualuan tepat berhadapan dengan teluk Jakarta. Nama Seribu bukan berarti gugusan kepulauan itu berjumlah seribu, melainkan hanya 342 pulau, termasuk pasir dan terumbu karang.

Pulau yang berpenduduk 20.000 jiwa ini memiliki Kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kehutanan dan dikelola Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen Kehutanan.

Pulau-pulau di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu menjadi tempat ideal bagi Anda yang menggemari kegiatan laut seperti snorkeling, berenang, atau menyelam. Apalagi menjelang liburan akhir tahun nanti, tentunya sangat seru dan menyenangkan liburan di Pulau Seribu ini. Tidak hanya itu, Anda bisa menyusuri beberapa pulau tujuan wisata serta pulau suaka alam seperti:

Pulau Kahyangan
Biasanya disebut juga Pulau Cipir dan terdapat peninggalan sejarah berupa benteng Belanda pada zaman VOC. Anda bisa mengunjungi pulai ini dengan perahu motor dari Pantai Marina, Ancol.

Pulau Pabelokan
Pulau ini begitu modern dengan adanya gedung perkantoran, asrama, dermaga, pusat tenaga listrik, pemurnian air serta landasan helikopter (helipad).

Pulau Bidadari
Cukup menggunakan speedboat dan 20 menit kemudian, Anda sampai di pulau ini. Terdapat reruntuhan benteng Belanda yang bernama Martello Tower. Pulau yang disebut juga dengan Pulau Sakit ini ternyata pernah dijadikan sebagai pulau karantina pada zaman Belanda.

Pulau Onrust
Berarti tidak tenang dalam bahasa Belanda. Biasa juga disebut pulau Kapal dan menyimpan cerita sejarah panjang di mana saat pecah perang antara Jerman dan Belanda tahun 1939, pulau ini dipakai Belanda sebagai tempat pembuangan tawanan. Kini, Pulau Onrust dijadikan sebagai daerah Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu.

Masih banyak lagi pulau-pulau tujuan wisata yang terdapat di Kepulauan Seribu ini. Bagi Anda yang ingin mencari pengalaman liburan yang seru dan berbeda, tidak ada salahnya menyerbu Pulau Seribu ini. Enjoy Jakarta! (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com