Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Banjir, Muncul Penyakit

Kompas.com - 26/11/2012, 16:17 WIB
Firly Anugrah Putri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepekan tinggal di tengah-tengah banjir, warga Kampung Pulo Jatinegara, Jakarta Timur, warga mulai meninggalkan pengungsian. Namun mereka mulai mengalami gangguan kesehatan yang biasa dialami korban banjir.

Staf Pelaksana Gawat Darurat Suku Dinas Kesehatan (Gadar Sudinkes) Jaktim Sugeng P mengatakan, selama 23-26 November 2012, total pengungsi yang sakit di seluruh Kelurahan Kampung Melayu dari RW 01 sampai RW 08 ada 450 orang.

"Umumnya, penyakit yang diderita ISPA, gatal-gatal, pusing, dan diare," ujar Sugeng, Senin (26/11/2012).

Menurut Sugeng, 100 orang mengalami gatal-gatal, 250 orang radang tenggorokan, dan pegal-pegal 100 orang. Semuanya ditangani petugas kesehatan yang ada di Pos penanggulangan banjir, baik di masing-masing RW maupun di Posko Suku Dinas. Jika penyakit tersebut tidak dapat ditangani petugas kesehatan akan merujuk ke Rumah Sakit terdekat.

Seperti yang dipaparkan Ketua RW 03 Faisal, ada warga RT 16 Elsa (6) yang mengalami demam berdarah sejak dua hari. Namun dia sudah dirujuk ke RS Budi Asih untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com