Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Megapolitan

Banjir Jakarta

Sampai Senin Sore, Enam Kelurahan Tergenang

Senin, 26 November 2012 | 16:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai sore ini, enam kelurahan di Jakarta tergenang. Tempat tersebut tersebar di Jakarta Selatan dan Jakara Barat.

Di Jakarta Selatan wilayah yang tergenang Kelurahan Ulujami (10 sentimeter) dan Kelurahan Cipulir (10 sampai 60 cm). Sementara di Jakarta Barat wilayah yyang tergenang meliputi Kelurahan Kedoya Selatan (90 cm), Kelurahan Sukabumi Selatan (50 sampai 100 cm), Kelurahan Kelapa Dua (10 sampai 60 cm), dan Kelurahan Kapuk Muara (20 cm).

Informasi yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, akibat dari genangan itu rumah 12.368 warga terendam. Sebanyak 252 di antaranya mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Dibanding hari kemarin, kondisi hari ini lebih baik. Beberapa tempat banjir menyusut," tutur Kepala Bidang Kepala Bidang informatika dan Pengendalian BPBD DKI Edy Junaidi, Senin (26/11) di Jakarta.

Data tersebut bisa berubah tergantung dari kondisi cuaca petang dan malam nanti. Tim BPBD selalu memperbarui data setiap 12 jam. Tim mengkomunikasikan persoalan banjir ke dinas terkait sesuai dengan jenis persoalannya.

Ada sekitar 26.000 orang yang terlibat dalam tim tersebut di seluruh Jakarta. Mereka berasal dari 10 satuan kerja perangkat dinas di Pemprov DKI. Saat ini tim petugas banjir siap bekerja di lokasi rawan banjir. Paling tidak ada 62 wilayah rawan banjir di Jakarta. Wilayah itu meliputi 19 tempat di Jakarta Utara, 17 di Jakarta Barat, 12 di Jakarta Selatan, 9 wilayah di Jakarta Pusat, dan lima wilayah di Jakarta Timur. 


Penulis: Andy Riza Hidayat
Editor : Robert Adhi Ksp