Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Targetkan Stadion Persija Selesai 2015

Kompas.com - 26/11/2012, 18:32 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mimpi Persija Jakarta untuk memiliki stadion pribadi akan segera terealisasi. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mulai membangun stadion bagi klub sepak bola kebanggaan Jakarta ini tahun 2013.

"Tahun depan persiapan. Pokoknya mulai bangun tahun depanlah. Targetnya rampung dua tahun," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (26/11/2012).

Ia mengatakan, keberadaan stadion ini penting karena selain bermanfaat sebagai ruang terbuka hijau (RTH), stadion juga bisa dijadikan tempat rekreasi alternatif dan penyaluran potensi di bidang olahraga para muda-mudi. Stadion itu juga perlu dilengkapi dengan jogging track yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga cabang lain, yakni atletik. Apabila sudah jadi nantinya, Stadion BMW akan berkapasitas 50.000 tempat duduk.

"50.000. Itu kalau yang duduk ya. Kalau desak-desakan ya bisa sampai 100.000," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, kemungkinan stadion untuk Persija akan dibangun di Taman BMW, Jakarta Utara. Namun, permasalahannya, tanah tersebut masih dalam status sengketa.

"Hanya, kepastiannya menunggu adanya putusan dari pengadilan, mengingat status lahan tersebut sengketa," kata Ratiyono.

Menurut Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Sri Rahayu, sengketa lahan eks Taman BMW sudah dimenangkan Pemprov DKI Jakarta di tingkat Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Tapi, sejauh ini belum diketahui apakah pihak penggugat akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atau tidak," ujar Sri.

Taman BMW yang terletak di Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, ini sebelumnya sudah dicanangkan Fauzi Bowo akan dibangun dengan berbagai fasilitas olahraga, seperti stadion sepak bola yang dilengkapi trek atletik di bagian dalamnya pada 2010. Target awal pembangunan ini selesai pada tahun 2012.

Di luar stadion akan dibangun dua lapangan sepak bola untuk latihan, selain juga dua lapangan sepak bola pantai, voli, dan olahraga air. Sisanya akan dibuat waduk dan situ.

Stadion itu juga akan menjadi markas klub Persija Jakarta. Stadion yang menghabiskan dana sekitar Rp 900 miliar itu bahkan disebut-sebut akan menjadi stadion termegah di Asia. Namun, hingga kini, proyek Fauzi Bowo tersebut belum terwujud.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com