Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Korupsi di DKI, Jokowi Akan Sambangi KPK

Kompas.com - 27/11/2012, 10:19 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Selasa (27/11/2012) ini, akan menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kunjungannya ke KPK adalah untuk mencegah upaya korupsi di dalam tubuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Eko Hariadi.

"Iya benar, nanti sekitar pukul 11.00 WIB, Bapak (Jokowi) akan menyambangi Gedung KPK," kata Eko kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa.

Menurut Eko, kunjungan Jokowi ke KPK adalah untuk mengikuti seminar pencegahan korupsi di DKI Jakarta. Kunjungan itu terkait rencana seminar pencegahan korupsi melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan pengelolaan APBD di Provinsi DKI Jakarta.

Sebelumnya, Jokowi juga mengatakan akan menyambangi Gedung KPK. "Iya, besok ada rencana mau ke KPK," kata Jokowi, di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (26/11/2012). Namun, Jokowi belum mengetahui persis agenda apa yang akan ia laksanakan di sana bersama para petinggi KPK.

"Katanya sih mau ada kerja sama. Enggak tahu kerja samanya apa," kata Jokowi.

Pada awalnya kegiatan ini dijadwalkan akan dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama. Namun, agenda itu urung dilaksanakan. Beberapa agenda yang akan dibahas dalam pertemuan itu mengenai program pencegahan korupsi di DKI Jakarta. Program tersebut sejalan dengan rencana KPK menjadikan DKI Jakarta sebagai provinsi model antikorupsi.

Hasil inisiasi antara KPK dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan dimatangkan dalam pertemuan kedua pihak yang akan segera digelar. KPK berencana menjadikan Provinsi DKI Jakarta sebagai provinsi model antikorupsi.

Dijumpai di Kompleks Balaikota Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membenarkan hal tersebut. Menurut dia, kerja sama antara Pemprov DKI dan KPK merupakan inisiatif Jokowi bersama KPK. "Kami ingin dijadikan model oleh KPK, tapi coba selanjutnya tanya ke Pak Gubernur," kata Basuki.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com