Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerjaan Terbengkalai Gara-gara Premium Langka

Kompas.com - 27/11/2012, 14:40 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelangkaan stok bahan bakar premium di wilayah DKI Jakarta menyebabkan pengguna kendaraan bermotor kewalahan. Akibat kelangkaan bahan bakar subsidi tersebut, aktivitas konsumen pun terbengkalai.

Budi Sumarsono (30), salah seorang kurir jasa pelayanan antarbarang, mengungkapkan rasa kesalnya atas kelangkaan premium. Pasalnya, Budi terpaksa berada di jalan lebih lama untuk mencari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang menjual premium.

"Kemarin parahnya. Di Depok saja saya sudah susah cari Premium. Setelah itu di Pondok Indah, saya muter-muter nyari premium baru dapat di SPBU ke tiga," ujarnya saat ditemui Kompas.com di SPBU Pinang Ranti, Jakarta Timur, Selasa (27/11/2012) pagi.

Hal senada juga diungkapkan Agus Sunarto (22), warga Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mahasiswa semester akhir di sebuah universitas di bilangan Kalimalang tersebut terpaksa telat masuk kuliah karena waktunya terbuang untuk mencari premium di SPBU yang dilewatinya.

"Dua SPBU di Jalan Raya Bogor tadi kosong semua, panik saya, soalnya sedikit lagi habis ini. Akhirnya nyari di Pinang Ranti sini, nggak apa-apa deh telah sedkit," ujar Agus.

Konsumen lainnya, Fana (26), mengungkapkan, kelangkaan bahan bakar premium seharusnya tak perlu terjadi. Pasalnya, pembatasan BBM bersubsidi tak jadi dilakukan oleh Pertamina. Terlebih hal tersebut memberatkan masyarakat luas.

"Setahu saya kan nggak jadi, karena kan banyak yang protes. Kasihan orang-orang yang kerja tergantung sama BBM, kayak sopir, ojek," ujar pria yang bekerja sebagai karyawan swasta di perusahaan ternama tersebut.

Sebelumnya diberitakan, kelangkaan premium di wilayah DKI Jakarta disebabkan oleh kebijakan pembatasan oleh Pertamina. Kuota solar subsidi di DKI Jakarta diprediksi habis 30 November 2012. Sementara untuk bensin premium subsidi akan habis pada 19 Desember 2012.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

SUBSIDI UNTUK ORANG KAYA?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com