Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Kelurahan, Satu Bank Sampah

Kompas.com - 27/11/2012, 16:27 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bertekad membangun satu bank sampah di setiap kelurahan di seluruh penjuru Ibu Kota. Dengan kebijakan ini, diharapkan Jakarta mampu memanfaatkan 50 persen sampahnya untuk didaur ulang.

Kepala Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta Eko Bharuna mengungkapkan bahwa sampah yang dihasilkan warga Jakarta setiap harinya dapat mencapai lima ton. Untuk itu, warga didorong untuk bijak mengelola sampah sehingga dapat lebih bermanfaat dan sampah di tempat pembuangan akhir tidak terus menggunung.

"Yang bisa didaur ulang kita masukin ke bank sampah, sisanya baru dikirim ke Bantar Gebang," kata Eko saat dijumpai di kompleks Balaikota Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Saat ini, kata Eko, ada beberapa kelurahan yang telah memiliki bank sampah. Ke depan, skema anggaran terus dirancang untuk mewujudkan satu bank sampah di setiap kelurahan.

"Saya belum bisa ungkapkan anggarannya, semua masih dihitung," ujarnya.

Pembangunan bank sampah merupakan salah satu program unggulan Dinas Kebersihan yang akan dieksekusi mulai tahun depan. Selain itu, DKI juga berencana membangun empat tempat pengolahan sampah terpadu di Sunter, Cakung Cilincing, Marunda, dan Duri Kosambi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com