Senin, 22 Desember 2014

News / Megapolitan

Rawan Kebakaran, Damkar Jakbar Hanya 507 Petugas

Rabu, 28 November 2012 | 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah petugas pemadam kebakaran di wilayah Jakarta Barat dinilai masih kurang dari standar. Padahal, daerah tersebut paling rawan diamuk si jago merah.

"Kalau idealnya satu provinsi memiliki 6.000 personel. Di wilayah sendiri, khususnya Jakarta Barat, sebaiknya memiliki 1.300 personel," kata Abdul Karim, Kepala Suku Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Rabu (28/11/2012).

Menurutnya, saat ini, Jakarta Barat hanya memiliki 507 petugas pemadam kebakaran. Selain itu, pos kebakaran juga masih kurang untuk bisa menjangkau letak kebakaran yang jauh dari lokasi kebakaran.

"Kalau di Jakarta Barat dari 56 kelurahan cuma punya 13 pos kebakaran. Kalau mau cepat menjangkau lokasi kebakaran harusnya setiap kelurahan ada posnya," ujar Karim.

Karim menjelaskan, setiap lokasi memiliki area rawan kebakaran. Akan tetapi, untuk wilayah Tambora sudah masuk pada zona merah karena daerah tersebut sering terjadi kebakaran.

Untuk sarana pembantu pemadaman kebakaran, Karim mengatakan pihaknya sudah menyediakan tangga setinggi 55 meter dan pompa portebel agar bisa memudahkan petugas kebakaran. Selain kendala sarana peralatan, lalu lintas di jalan apabila terjadi kebakaran pada sore dan pagi hari juga menjadi masalah bagi para petugas pemadam untuk sampai lokasi kebakaran.

 


Penulis: Alfiyyatur Rohmah
Editor : Ana Shofiana Syatiri