Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Gaji Warga Bersihkan Kali

Kompas.com - 28/11/2012, 17:33 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menjaga aliran sungai-sungai di sekitar wilayah Jakarta Barat, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menerapkan sumber daya masyarakat untuk peduli sampah di sekitar sungai. Pembersihan sampah di sekitar bantaran kali rencananya akan dilakukan oleh warga yang tinggal di pinggiran kali.

"Pak Jokowi sudah berencana memanfaatkan dan memberdayakan warga untuk membersihkan kali. Nanti mereka juga mendapatkan gaji sesuai UMP (Upah Minimum Provinsi)," kata Monang ritonga, Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat kepada Kompas.com, Rabu (28/11/2012).

Monang menjelaskan, nantinya, warga yang bekerja membersihkan kali harus menunjukkan KTP terlebih dahulu. Jika mereka bekerja lebih dari 30 hari, warga tersebut harus memiliki kartu Jamsostek.

Menurutnya, kebijakan ini merupakan saran Gubernur DKI agar kebersihan kali ikut mendapat partisipasi masyarakat. Metode pembersihan kali saat ini yang menggunakan cara tawar menawar lelang proyek kurang efektif. Apalagi jika terjadi interupsi dari peserta lelang, pembersihan kali akan terbengkalai.

Ia mengungkapkan, kebijakan seperti ini rencananya akan diberlakukan mulai tahun depan. Dengan menyerahkan kebersihan kali kepada warga, gubernur berharap sampah di sepanjang kali yang menyebabkan banjir dapat cepat terurai.

Monang mangatakan, satu orang yang membersihkan kali akan memegang wilayah sekitar 2 sampai 5 Km. Untuk wilayah Jakarta Barat nantinya akan membutuhkan sekitar 100 orang untuk menangani kali di sepanjang aliran sungai di Jakarta Barat.

Berita terkait dapat diikuti di topik:

100 HARI JOKOWI-BASUKI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com