Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mirip Adegan Film, Ikuti Jokowi Sidak Pasar Paseban

Kompas.com - 29/11/2012, 14:15 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Selesai mengikuti upacara Peringatan HUT Ke-41 Korpri di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, masih belum ada kejelasan mengenai agenda Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Dalam situs resmi Pemerintah Provinsi DKI, seharusnya pada pukul 09.00 WIB, Jokowi menghadiri agenda pengarahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Hotel Sahid. Namun, Jokowi tak hadir dan diwakilkan. Kemudian, pada pukul 12.30 WIB, Jokowi seharusnya menghadiri Simposium Pendidikan di Convention Hall Smesco Tower sebagai pembicara. Sudah banyak wartawan yang berjaga di depan kantornya di Balaikota DKI Jakarta.

Sekitar pukul 12.30 WIB, Jokowi keluar dari Balaikota DKI Jakarta dan sempat melayani pertanyaan para wartawan yang menunggunya. Saat wartawan bertanya kepada salah satu ajudan Jokowi mengenai agenda Jokowi, rupanya ia juga tak tahu. "Muter-muter," ujar salah seorang ajudan, Ivand, di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (29/11/2012).

Selesai memberondong pertanyaan kepada Jokowi, para wartawan pun bergegas menuju mobil operasional mereka. Begitu pula dengan wartawan yang tidak memiliki kendaraan, mereka mencari-cari tumpangan. Jokowi menggunakan mobil dinasnya, Toyota Land Cruiser B 1543 SMZ dan dikawal dengan dua motor dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta (Dishub DKI Jakarta).

Awalnya, wartawan mengira Jokowi akan menghadiri undangan di Smesco. Namun, kendaraan justru melaju ke Jalan Imam Bonjol-Taman Suropati-Salemba. Tampaknya, perkiraan wartawan meleset. Saat berada di seberang Kantor Polrestro Jakarta Pusat, mobil dinas Jokowi tampak memutar balik.

Tak ingin kebobolan, mobil-mobil lain juga memacu kencang kendaraannya yang sedikit tertinggal. Motor Dishub pun tampak kebingungan karena memang mereka pun tak tahu ke mana Jokowi akan berhenti. Kemudian mobil Jokowi berbelok kiri masuk ke dalam Jalan Salemba Tengah. Mobil rombongan Jokowi tampaknya menarik perhatian para warga sekitar.

Saat berada di pertigaan Paseban, mobil dinas Jokowi mengarah ke kiri arah Rawasari, sepanjang jalan itu, juga sempat melewati Pasar Paseban. Namun, Jokowi tak turun di sana. Mobil dinas kembali keluar ke arah Salemba, seperti rute awal. Wartawan pun mulai bingung di dalam mobil operasional mereka. Ada yang mengira, Jokowi berputar-putar di Salemba hanya untuk melihat peninggian separator busway transjakarta setinggi 50 cm.

Peristiwa unik kembali terjadi saat mobil dinas Jokowi kembali memutar kanan saat berada di seberang Polrestro Jakarta Pusat. Wartawan kembali bertanya-tanya akan ke mana gerangan Jokowi selanjutnya. Mobil dinas Jokowi kembali merapat ke arah kiri dan membelokkan mobilnya ke Jalan Salemba Tengah, persis rute awal rombongan.

Setelah menyusuri Jalan Salemba Tengah dan melewati pertigaan Paseban, akhirnya Jokowi turun dari mobil dinasnya di depan Pasar Paseban. Sontak, wartawan pun ikut turun dan berlari-lari mendekati Jokowi.

Tinjauan dadakannya ke Pasar Paseban itu kembali mengundang perhatian warga sekitar dan pedagang di Pasar Paseban. Pedagang-pedagang itu langsung meneriakkan kata "Hidup Jokowi" dan mengikuti Jokowi menyusuri gang-gang kecil di dalam Pasar Paseban, Jakarta Pusat.

Berita terkait dapat diikuti di topik :

100 HARI JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com