Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Limbah BKT dari Rumah Tangga

Kompas.com - 01/12/2012, 08:32 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menyatakan bahwa 80 persen limbah yang mengalir ke Kanal Banjir Timur (dikenal sejak dulu dengan istilah Banjir Kanal Timur atau BKT) adalah limbah rumah tangga. Itu berasal dari sungai-sungai yang mengalir ke kanal itu khususnya dari Sungai Cipinang.

"Ini perlu penanganan bersama agar air bisa dipakai sebagai air baku minum serta sebagai sarana transportasi dan wisata yang asri," kata Djoko Kirmanto dalam sambutannya di acara tanam pohon yang digelar Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP) di BKT di Jakarta Timur, Sabtu (1/12/2012).

Djoko menambahkan, berdasarkan hasil penelitian, 80 pencemar BKT adalah limbah cair dan padat dari rumah tangga. Limbah itu berasal dari sungai-sungai yang mengalir ke BKT seperti Cipinang, Sunter, dan Buaran.

Besarnya pencemaran mensyaratkan adanya gerakan bersama untuk tak membuang limbah ke sungai. Dia juga mensinyalir adanya warga yang membuang langsung kotoran ke sungai karena tak memiliki fasilitas septitank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com