Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2012, 16:34 WIB
Noory Okthariza

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Ada kejadian unik dalam aksi unjuk rasa keluarga purnawirawan TNI AU di Cilangkap, Tapos, Depok, Sabtu (1/12/2012). Warga berteriak histeris melihat satu mobil pikap yang membawa barang-barang dari Kompleks TNI AU Dwikora menuju arah Jakarta.

Melihat ada prajurit TNI di bagian belakang mobil, kekesalan warga bertambah karena melihat prajurit yang tersenyum dan melambaikan tangan ke arah demonstran.

Aksi unjuk rasa masih berlangsung dengan mengikutsertakan istri, anak, dan cucu purnawirawan. Kemacetan mengular sampai sejauh 2 kilometer di Jalan Raya Bogor. Bunyi klakson dari pengendara yang lewat tidak membuat para demonstran bergeser dari bahu jalan.

Dewayu, warga kompleks, mengatakan, unjuk rasa akan terus dilanjutkan sampai anggota TNI AU meninggalkan kompleks. "Kami ingin Mayor Agung (komandan pasukan di lokasi) keluar," kata Dewayu.

Pengambilalihan rumah yang dilakukan Mabes TNI AU dilakukan sejak kemarin sesuai dengan surat pemberitahuan dari Mabes TNI AU bahwa warga Kompleks Dwikora harus sudah mengosongkan rumah per 30 November 2012. Warga tetap bertahan di rumah masing-masing dan memilih menempuh jalur pengadilan yang masih dalam proses.

Pihak TNI AU yang dimintai keterangan mengatakan, mereka hanya ditugaskan mengamankan aset milik TNI AU di Kompleks Dwikora.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com