Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Marunda Segera Diisi

Kompas.com - 05/12/2012, 13:47 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menganggur selama lebih dari tiga tahun, unit-unit kosong Rumah Susun Sewa Marunda di Cilincing, Jakarta Utara, akan segera diisi. Pemerintah daerah berencana mengundi calon-calon penghuninya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelola Rusun Wilayah I Jakarta Utara, Kusnindar, Rabu (5/12/2012) mengatakan, beberapa blok di Klaster B telah rampung diperbaiki dan siap dihuni lagi. Sebelum akhir Desember 2012 ini unit-unit kosong diharapkan telah terisi.

Namun demikian, jumlah peminat jauh lebih tinggi, tak sebanding dengan unit rumah yang tersedia dan siap. Oleh karena itu, pemerintah daerah berencana mengundi siapa saja yang berhak menempatinya, antara lain karena alasan keadilan dan transparansi.

Sebanyak 1.900 unit dari total 2.600 unit rumah susun Marunda terbengkalai sejak selesai dibangun tahun 2007/2008. Unit-unit itu menganggur dan kosong bertahun-tahun sehingga rusak. Sebagian kusen jendela dan pintu, instalasi listrik, serta pendeteksi kebakaran dicuri.

Selain unit-unit kosong, Rusun Marunda juga menghadapi kendala tunggakan sewa. Pengelola menghitung nilai tunggakan dari sekitar 410 penghuni mencapai Rp 2,3 miliar.

Mayoritas penghuni Rusun Marunda adalah korban penggusuran dari kolong jembatan atau tol, sempadan sungai, dan korban kebakaran di Jakarta Utara. Kepada mereka pemerintah daerah menetapkan tarif sewa Rp 128.000 hingga Rp 159.000 per bulan sesuai lantai masing-masing unit. Sementara penghuni umum dikenai tarif Rp 304.000 hingga Rp 371.000 per bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com